Senin, 21 April 2014

BENARKAH NABI ISA DI ANGKAT ROH DAN JASADNYA KE LANGIT?

Nabi Isa diangkat ke langit bersama” dengan jasadnya karena hal ini bertentangan dengan Hukum Kaidah Ilmiah Alam yang telah ditetapkan Allah atas segala kehidupan didunia pada saat lalu maupun sampai saat sekarang. Dasar bahwa Nabi Isa adalah meninggal layaknya Nabi” Allah lainnya adalah :
1. (QS Al ANBIYAA 21 : 34) dijelaskan bahwa manusia sebelum Muhammad tidak ada yang dapat hidup abadi, ...
2. [QS MARYAM 19 :15] "Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali." ...
3. [QS.AL-MAIDAH,5 : 117-118] : “Aku (Nabi Isa) tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku untuk mengatakannya yaitu: "Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu", dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” ...
4. (QS.ALI IMRAN 3 : 55). “Wahai Isa, Aku akan mematikan engkau dan meninggikan engkau di hadapanKu dan membersihkan engkau dari orang-orang kafir dan membuat orang-orang yang mengikuti engkau di atas orang-orang kafir sampai hari kiamat.” ....
5. Dalam Hadist Nabi (Hajaj at-Kiramah, p. 428: Kanz al-Ummal, vol. 6, p. 160, dari Hadrat Fatima; dan Mawahib al-Ladinya, vol. 1, p.42) : Aisyah a.s. berkata bahwa, pada saat menjelang kematiannya, Nabi Suci saw. Bersabda :’ setiap tahun Jibril biasanya mengulangi pembacaan Qur’an Suci denganku sekali, namun pada tahun ini dia melakukan hal tersebut dua kali, dia memberitahukan padaku bahwa tak ada nabi melainkan hidup selama separuh dari usia nabi yang terdahulunya. Dan dia juga berkata padaku bahwa Nabi Isa a.s. hidup selama seratus dua pulu tahun, dan aku menyadari bahwa aku akan meninggalkan dunia ini diawal usia enam puluhan” ...
6. Berdasarkan Penemuan Para Arkeolog dunia yang didukung dengan naskah" kuno berikut peninggalan"nya, konon makam Nabi Isa berada di Kashmir, India .
Surat Al Faathir/35 ayat 11, "...... Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, .......QS 29:14. Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, maka ia tinggal di antara mereka seribu tahun kurang lima puluh tahun. Maka mereka ditimpa banjir besar, dan mereka adalah orang-orang yang zalim....peradaban ajarannya yg lama zahir nya..sprti peradaban kebangkitan kedua sekarang ini yg terjadi, selama 15 abad (1500 tahun) belum jg zahir..

QS 3: 55. Hai para pelaksana sunnah isa, sesungguhnya Aku dgn ajaranKU injil akan mematikan/mempasifkan sifat dzulumatmu dan mengangkat/mendhahirkan menjadi suatu pembuktian ajaran sunnah Isa/Injil serta memisahkan/membersihkan dari orang” yg lebih memilih kepada ajaran sunnah syaithon/dzulumat, dan memenangkan atas orang” yg mengikuti ajaran sunnahmu. Kemudian hanya kepada ajaran ILMU KU lah kamu merujuk, lalu Allah dgn ajaran ILMUNYA lah segala sesuatu diputuskan. (terjemah DEPAG: (Ingatlah), ketika Allah berfirman: "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku serta membersihkan kamu dari orang-orang yang kafir, dan menjadikan orang-orang yang mengikuti kamu di atas orang-orang yang kafir hingga hari kiamat. Kemudian hanya kepada Akulah kembalimu, lalu Aku memutuskan diantaramu tentang hal-hal yang selalu kamu berselisih padanya." ).......QS 3:55 dan QS 4:158, RAFA'AHU = makna nya mengangkat/meninggikan, mendhahirkan, mensyahadahkan pembuktian ajaran sunnah isa atas ajaran" dzulumat.
-----------------------------------------------------------------

Yahudi mempercayai Nabi Isa a.s. sebagai manusia biasa, sementara umat Kristiani menuhankannya. Umat Muslim menerima beliau sebagai salah satu di antara para nabiyullah lainnya. AlQur’an membuktikan Nabi Isa a.s. telah wafat dalam keadaan ketiga posisi tersebut.

Kaum muslimin pada umumnya sehubungan dengan kematian Nabi Isa a.s . adalah: Rata-rata kaum muslimin percaya bahwa Nabi Isa a.s. masih hidup di langit dengan badan jasmaninya, namun kalau kita telaah secara akar kata dan makna alquran dan kaidah ilmiah alam bahwa – seperti para nabi lainnya – Nabi Isa a.s. telah wafat.

Bukti dari AlQur’an

Jelas sekali membuktikan bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat seperti manusia lainnya dan tidak hidup lagi di manapun. Jelas sekali dinyatakan bahwa Nabi Isa a.s. hanyalah memiliki sifat-sifat kemanusiaan, dan tidak memiliki sifat-sifat ketuhanan, beliau hanyalah hamba Allah dan Rasul-Nya. Karena itu sejak lahir hingga wafat, dia tunduk pada keterbatasan fisik dan biologi yang telah ditentukan Tuhan untuk manusia.

BUKTI PERTAMA: Semua manusia hidup dan mati di bumi ini.

Semua Nabi adalah manusia biasa, oleh karena itu mereka tunduk kepada undang-undang Ilahi yang tak berubah-ubah, bahwa manusia hidup dan mati di bumi ini. Qur’an menyatakan:
1. “Ia berfirman: Di sana (yakni di bumi) kamu hidup dan di sana kamu meninggal dan dari sana kamu akan dibangkitkan” (7:25)
2. “Dan bagi kamu adalah tempat tinggal di bumi dan perlengkapan untuk sementara waktu” (7:24)
3. “Bukankah Kami jadikan bumi sebagai daya tarik, yang hidup dan mati” (77:25,26)
4. “Dan dari (bumi) itu Kami menciptakan kamu dan kesitu juga Kami kembalikan kamu. Dan dari bumi itu Kami mengeluarkan kamu untuk kedua kali.” (20:55)

BUKTI KEDUA : Kehidupan jasmani tergantung pada makanan dan minuman

Tuhan telah menjelaskan bahwa undang-undang-Nya berlaku bukan hanya untuk orang biasa saja namun juga untuk para Nabi, bahwa hidup itu sangat bergantung pada makanan dan minuman:
1. “Kami tidak mengutus sebelum engkau (wahai Muhammad) setiap Rasul kecuali mereka itu makan-makanan.” (25:20)
2. “Dan Kami tak membuat mereka (yakni para Nabi) tubuh yang tak makan-makanan.” (21:8)
Mengenai Nabi Isa a.s. dan ibunya yang tulus dinyatakan :”Dua-duanya makan, makanan” (5:75). Maka jika Nabi Isa a.s. tidak makan-makanan – segenap kaum Muslimin berpendapat bahwa Nabi Isa a.s. tidak makan-makanan lagi di langit – beliau tak akan bisa, dengan hukum Ilahi yang dinyatakan di atas, hidup dengan badan jasmaninya. Jasmani itu membutuhkan makanan jadi Nabi Isa a.s. yang tak makan-makanan lagi pasti sudah mati.

BUKTI KETIGA: Jasmani manusia bisa rusak termakan waktu.

Tak ada satu badan jasmani manusia pun di bumi ini yang tidak mengalami perubahan. Kehidupan jasmani pasti menglami perubahan seiring dengan perubahan waktu. Qur’an menyatakan:
1. “Dan tiada Kami menciptakan manusia sebelum engkau (hai Muhammad) itu kekal (Khuld). Apakah jika engkau mati, mereka itu kekal (Khalidun)” ? (21:34)
2. “Mereka (yakni para Nabi) itu tidak hidup kekal (Khalidin)” (21:8)
Mengenai arti kata Khulud (yang diterjemahakan di atas dengan kekal selama-lamanya), kamus Qur’an yang terkenal dari Imam Raghib menjelaskan:
“Khulud” artinya ialah sesuatu yang kebal dari kerusakan, dan tahan terhadap perubahan kondisi. Bangsa Arab menyebut sesuatu dengan kata Khulud….. yakni terus menerus dalam suatu keadaan dan tidak berubah (hal 153-154).

Karena itu menurut pengertian bahasa Arab, pengertian Khulud menunjukan tetapnya suatu keadaan yang tidak mengalami perubahan atau mengalami kerusakan. Di dalam ayat-ayat tersebut di atas, hukum Ilahi telah menjelaskan secara jelas bahwa dalam keadaan seperti itu setiap orang akan menglami perubahan dengan berlalunya waktu. Dia pertama-tama menjadi anak, kemudian dewasa, kemudian tua dan akhrinya mati ini diperkuat oleh banyak ayat-ayat lainnya, contohnya:
1. “Allah ialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, lalu Ia memberi kekuatan setelah lemah, lalu membuat kelemahan dan ubanan setelah keadaan kuat.” (30:54)
2. “Dan diantara kamu ada pula yang dikembalikan menjadi pikun (jompo), sehingga ia tak tahu apa-apa setelah ia tahu.” (22:5)
3. “Dan barang siapa Kami beri umur panjang, niscaya Kami kembalikan kepada keadaan kejadian yang hina (buruk). Apakah mereka tak mengerti?.” (36:58)

Secara umum undang-undang Ilahi telah dijelaskan seterang-terangnya di sini, dan tidak ada pengecualian bagi seorang manusia pun. Sejak dari anak seseorang berkembang secara fisik untuk mencapai perkembangan yang sepenuhnya setelah itu dia mulai lemah dan akhirnya sampailah kepada kekanak-kanakan yang kedua kalinya tatkala dia kehilangan masa-masa yang pernah dicapainya.

Jika demi kepentingan argumentasi itu, Nabi Isa a.s. akan kembali kedunia ini, dia harus berusia 2000 tahun, dan dari sinilah,menurut hukum Ilahi di atas beliau sudah terlalu tua untuk berbuat sesuatu. Pada kenyataannya, sungguh dibawah undang-undang ini Nabi Isa a.s. sudah wafat sejak dahulu.

BUKTI KEEMPAT: Wafatnya Para Nabi

1. “Almasih, ‘Isa bin Maryam, hanyalah seorang Rasul: sungguh telah berlalu para utusan sebelum dia “. (5:75)
2. “Dan Muhammad itu tiada lain hanyalah utusan; sebelum dia telah berlalu para utusan. Jika ia mati atau dibunuh, apakah kamu akan berbalik atas tumit kamu?.” (3:143)
Ayat yang kedua di sini memperjelas ayat yang pertama. Kedua ayat itu sama-sama memperingatkan, yang pertama terhadap Nabi Isa a.s. , yang kedua terhadap Nabi Muhammad. Penjelasan ayat Qur’an di sini sangat jelas sekali bagi si pencari kebenaran. Ayat pertama jelas sekali mengatakan bahwa semua Nabi sebelum Nabi Isa a.s. telah wafat – segenap kaum Muslimin menerima ini. Dalam ayat yang kedua, kata-kata yang sama digunakan untuk memperjelas bahwa semua Nabi sebelum Nabi Muhammad saw telah wafat, dan karena tak ada Nabi yang dibangkitkan antara Nabi Isa a.s. dan Nabi SAW, ayat yang kedua pasti diturunkan khususnya untuk menunjukan bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat. Karya-karya klasik tata bahasa Arab menjelaskan kepada kita bahwa, dengan menggunakan awalan al pada kata para utusan (al-rusul, lit “para-utusan) di dua ayat tersebut di atas jelas-jelas memberi arti seluruh utusan (lih bahr al-Muhit, vol 3, hal 68).

Arti dari Khala

Haruslah diingat bahwa kata khala (yang diterjemahkan di atas dengan “berlalu”) dalam bentuk kata lampau tanpa kata sandang, ketika ditujukan kepada manusia, bermakna kematian mereka. (lih Lisan al-Arab dan Aqrab al-Mawarad), juga di dalam Qur’an, mana kala kata qad khalat tanpa partikel ila digunakan untuk orang, maksudnya adalah mereka telah berlalu dan meninggal, dan tak akan kembali lagi. Sebagai contoh:
1. “Itulah umat yang sudah berlalu (qad khalat).” (2:134)
2. “…Yang sebelumnya telah banyak umat yang berlalu (qad khalat).” (13:30)
3. “….dikalangan umat yang telah berlalu (qad khalat).”(46:18)
4. “itulah tata cara Allah terhadap orang-orang yang sebelumnya telah berlalu (khalat).” (33:38)
Dalam penafsiran dua ayat tentang seluruh Nabi sebelum Nabi Isa a.s. dan Nabi saw. telah berlalu, para mufasir umunya mengambil arti yang sama:
“Nabi SAW telah meninggal dunia sebagaimana yang telah terjadi pada Nabi-Nabi sebelumnya, dengan cara kematian yang alami atau dibunuh” (Qanwa ‘ata Baidawi, vol.3 hal 124).
Sebenarnya ayat-ayat tersebut di atas mengenai Nabi SAW (3:143) itu sendiri telah menjelaskan makna dari khalat (telah berlalu seluruh Nabi sebelumnya) dengan menggunakan kata-kata “bila dia meninggal atau dibunuh” atas dirinya. Jelaslah, kalimat “telah berlalu para Nabi sebelumnya “berarti salah satu dari mati alami atau dibunuh

BUKTI KELIMA: Semua yang dituhankan itu mati

Semua yang dianggap tuhan selain Allah , dijelaskan oleh Qur’an itu “mati”:
“Adapun orang-orang yang mereka seru selain Allah, mereka tak dapat menciptakan apa-apa malahan mereka itu diciptakan. (mereka) mati tak hidup. Dan mereka tak tahu kapan mereka dibangkitkan.” (16:20-21)
Begitu pula Nabi Isa a.s. yang dianggap tuhan, Qur’an itu sendiri berkata: “Sungguh kafir orang –orang yang berkata: “Allah ialah Masih bin Maryam.” (5:72)

Ayat-ayat ini menjadi bukti secara lengkap bahwa Nabi Isa a.s. yang dianggap tuhan oleh sebagian besar oleh manusia dan dipanggil “Tuhan Jesus”, pasti sudah mati ketika ayat ini diwahyukan. Jika tidak, pengecualian itu pasti disebutkan di sini.
Setelah amwaat (mereka itu mati), kata ghairu ahyaa’u (“tidak hidup”) menjelaskan masalah tersebut lebih mantap, dan kembali menguatkan tentang kematian terhadap “tuhan-tuhan” tersebut.

BUKTI KEENAM: Kedatangan Nabi Isa a.s. yang kedua bertentangan dengan Khataman-nabiyyin.

Kedatangan Nabi Isa a.s. lagi ke dunia ini akan menyalahi prinsip Khataman Nabiyyin karena Nabi saw. adalah Nabi penutup dan Nabi yang terakhir menurut prinsip tersebut. Qur’an menjelaskan: “Muhammad bukanlah ayah salah seorang dari kamu, melainkan dia itu Utusan Allah dan segel (penutup) para Nabi. (33:40)

Nabi SAW menjadi Nabi yang terakhir (Khataman-Nabiyyin) memastikan bahwa setelah beliau tidak akan muncul lagi Nabi yang lain, baik Nabi baru maupun Nabi lama. Seperti halnya kedatangan nabi baru akan merusak Khataman-Nabiyyin begitu pula kehadiran Nabi lama, karena Khataman-Nabiyyin berarti Nabi yang muncul setelah munculnya seluruh Nabi. Seandainya Nabi Isa a.s. datang sesudah Nabi SAW dia (Nabi Isa a.s. ) pasti akan menjadi Nabi yang terakhir, Khataman-Nabiyyin.
Salah sekali jika untuk berdalih bahwa menurut perkiraannya kedatangannya yang kedua kali, Nabi Isa a.s. tak akan menjadi Nabi. Karena Qur’an mengatakan: “Ia (Nabi Isa a.s. ) berkata: “sesungguhnya aku adalah utusan Allah. Ia telah memberikan kepadaku kitab, dan membuat aku seorang Nabi. Dan ia membuat aku seorang yang diberkahi di manapun aku berada.” (19:30-31). Jadi manakala dia kembali ke dunia ini dia harus tetap Nabi. Kedatangannya lagi tanpa kenabian akan menjadi tak berarti, karena tugas kepemimpinan umat Muslim (imam) dan keKhalifahan Nabi SAW harus dilaksanakan oleh umat Muslim itu sendiri. Di sini membuktikan bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat, sebagaimana para Nabi lainnya dan bahwa Nabi Muhammad saw. adalah Nabi yang terakhir.

BUKTI KETUJUH: Qur’an secara khusus menjelaskan kematian Nabi Isa a.s.

Menjelaskan berbagai macam pengertian umum dalam hal hidup dan mati, adalah tak perlu bila Qur’an itu sendiri telah menjelaskan secara khusus tentang kematian Nabi Isa a.s. Tuhan Yang Maha Kuasa telah menjelaskan secara khusus tentang kematian Nabi Isa a.s. di dalam Qur’an. Ketika Yahudi berhasil dalam rencananya menggantungkan Nabi Isa a.s. di tiang salib, Nabi Isa a.s. berdo’a agar diselamatkan dari penderitaan ini, dan dijawab oleh-Nya sebagai berikut:
“Wahai Isa, Aku akan mematikan engkau dan meninggikan engkau di hadapanKu dan membersihkan engkau dari orang-orang kafir dan membuat orang-orang yang mengikuti engkau di atas orang-orang kafir sampai hari kiamat.” (3:54)

Di sini Tuhan telah membuat 4 perjanjian dengan Nabi Isa a.s.:
1. “mematikan engkau” (tawaffa) yakni, Nabi Isa a.s. tak akan dibunuh oleh kaum Yahudi, melainkan beliau akan meninggak secara wajar
2. “meninggikan engkau dihadapanKu” (raf’a) yakni, dia tidak mati disalib, yang mana Yahudi mencoba membuktikan dia itu terkutuk (ul 21:23), melainkan dia akan menerima kedekatan Ilahi.
3. “membersihkan engkau dari orang-orang kafir” (tathir) yakni, dia akan dibersihkan dari semua tuduhan Yahudi, yang mana hal ini telah dilakukan oleh Nabi saw.
4. “membuat orang-orang yang mengikuti engkau di atas orang-orang kafir sampai hari kiamat”, yakni pengikutnya akan berada di atas para pembangkangnya.

Ayat di atas membuktikan bahwa Nabi Isa a.s. telah mati, karena raf’a (pengangkatan ke hadirat Ilahi) hanya bisa dicapai setelah mati, setelah semua selubung jasmani disingkirkan. Setiap orang tulus akan dianugrahi raf’a dihadapanTuhan setelah kematiannya. Nabi SAW bersabda:”ketika orang beriman mendekati kematiannay, para malaikat datang kepadanya. Jadi, bila orang tulus, mereka berkata: “wahai ruh yang suci! Keluarlah kau dari jasad yang suci, maka keluarlah ruh yang suci tersebut, lalu mereka membawanya ke surga dan dibukakanlah gerbang-gerbang surga itu untuknya” (Miskhat).

Karenanya, sewaktu-waktu orang tulus meninggal, para Malaikat membawa ruhnya ke seruga. Begitu pula halnya yang terjadi dengan Nabi Isa a.s. , setelah kematianya, ruhnya diangkat ke surga dan dia bergabung di antara barisan orang-orang tulus yang telah mati.
Dengan demikian Tuhan telah memenuhi semua janji-janji di atas dengan urutan: Dia menyelamatkan Nabi Isa a.s. dari tangan-tangan Yahudi, dan kemudian mewafatkannya dengan wajar, setelah kematiannya Tuhan memuliakan ruhnya dengan kedekatan Ilahi; Dia membersihkan segala tuduhan Yahudi melalui Nabi saw. dan memberikan pengikutnya berada di atas kaum kafir.

BUKTI KEDELAPAN: Umat kristiani tersesat setelah Nabi Isa a.s. wafat.

Pernyataan Nabi Isa a.s. pada hari kiamat, bahwa umatnya akan menuhankan dia setelah kematiannya, demikianlah yang tertulis di Qur’an.
“Dan tatkala Allah berfirman: Wahai Isa Bin Maryam, apakah engkau berkata kepada manusia: ambillah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah. Dia menjawab: Maha Suci Engkau! Tak pantas bagiku mengtakan apa yang aku tak berhak mengatakannya. Jika aku mengatakan itu, Engkau pasti mengetahui. Engkau tahu apa yang ada dalam batinku, dan aku tak tahu apa yang ada dalam batin Engkau. Sesungguhnya Engkau Yang Maha Tahu barang-barang gaib. Aku tak berkata apa-apa kepada mereka kecuali apa yang telah Engkau perintahkan kepadaku yaitu: Mengabdilah kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu; dan aku menjadi saksi atas mereka selama aku berada di tengah-tengah mereka, tetapi setelah engkau mematikan aku, Engkaulah Yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Yang Maha menyaksikan segala sesuatu” (5-116-117)

Inti bukti ini sebagai berikut:
1. Nabi Isa a.s. akan menyangkal telah mengajarkan doktrin kristen yang sesat tentang ketuhannya
2. Dia akan menegaskan ajaran dia yang sebenarnya yang telah ia berikan kepada umatnya.
3. Selama Nabi Isa a.s. berada di tengah-tengah mereka, pengikutnya memegang ajaran yang benar;
4. Setelah Nabi Isa a.s. tawaffa (diterjemahkan di atas dengan “Kau menyebabkan aku mati”) keyakinan mereka menjadi rusak.

Arti dari Tawaffa

Kamus-kamus bahasa Arab memberitahukan pada kita bahwa tawaffa allahu fallanun, yakni Tuhan telah melakukan tawaffa kepada seseorang artinya Tuhan mencabut nyawanya dan menyebabkan dia mati. Arti inilah yang diberikan oleh Taj al-Urus, Al-Qamus, Surah, Asas Al-Balaghah, Al-Sihah, dan Kalyat abi-l-Baqa.

Dalam ayat di atas, Nabi Isa a.s. berkata dalam dua periode yang berbeda, yang pertama menjelaskan kata-kata “selama aku berada di tengah-tengah mereka”, dan yang kedua tatkala hanya “Engkaulah yang mengawasi mereka”, mereka itu adalah umat Nabi Isa a.s. , Kristen. Dan periode kedua (hanya Tuhan saja yakni bukan Nabi Isa a.s. yang mengawasi mereka) dikarenakan tawaffaitani atau ketika Engkau mematikan aku (Nabi Isa a.s. )

Sekarang menurut ayat di atas, umat Kristen memgang keyakinan yang benar dalam perode yang pertama, dan berpandangan sesat pada periode kedua. Sebagaimana Qur’an memberitahukan kepada kita berulang-ulang dan seluruh umat Muslimpun meyakini, bahwa ajaran Kristen telah menjadi sesat (atau dengan kata lain periode kedua telah dimulai) dengan ditandainya kedatangan Nabi SAW. jadi Nabi Isa a.s. telah wafat dengan dimulainya periode yang kedua yang telah datang setelah tawaffaitani atau kematian Nabi Isa a.s.

Ringkasan

Menurut Qur’an, Nabi Isa a.s. memegang tidak lebih dari ketiga posisi berikut ini:
1. Beliau hanyalah manusia biasa diantara manusia biasa lainnya
2. Beliau adalah Nabiyullah diantara para Nabi lainnya; dan
3. Beliau adalah di antara mereka yang dituhankan manusia
Yahudi mempercayai Nabi Isa a.s. sebagai manusia biasa, sementara umat Kristiani menuhankannya. Umat Muslim menerima beliau sebagai salah satu di antara para nabiyullah lainnya. Qur’an membuktikan Nabi Isa a.s. telah wafat dalam keadaan ketiga posisi tersebut.

I. Nabi Isa a.s. sebagai manusia biasa:
Qur’an menyatakan: “Dan tiada Kami menciptakan manusia sebelum engkau (hai Muhammad) itu kekal, apakah jika engkau mati, mereka itu kekal?.” (21:34). Ayat ini menunjukan bahwa tubuh manusia itu tak pernah kebal dari perubahan waktu, dan bahwa tubuh manusia itu harus hidup dan mati di bumi ini. Sebagaimana Nabi Isa a.s. itu menusia biasa – dia juga harus tunduk kepada sunatullah yang telah ditentukan kepada manusia karena menurut ketentuan Qur’an “setiap jiwa harus merasakan mati” – Nabi Isa a.s.telah wafat.

II. Nabi Isa a.s. sebagai seorang Nabi:
“Dan Muhammad itu tiada lain hanyalah seorang utusan; sebelum dia telah berlalu para utusan.” (3:143). Ayat ini membuktikan kematian seluruh Nabi yang lalu pada waktu diturunkannya wahyu tersebut, dengan demikian Nabi Isa a.s. telah wafat pada waktu itu.

III. Nabi Isa a.s. sebagai yang dianggap tuhan:
Dalam hal semua yang dianggap tuhan selain Allah, Qur’an memberitahukan kepada kita”mereka mati tidak hidup, dan mereka tak tahu kapan dibangkitkan.” (16:21). Ini telah diketahui secara universal , dan ditegaskan oleh Qur’an bahwa umat Kristiani meyakini Nabi Isa a.s. sebagai tuhan dan menyerunya di dalam sembahyang mereka. Jadi menurut ayat di atas, Nabi Isa a.s. telah meninggal; dan “tak akan pernah menjawab do’a mereka hingga hari kiamat”.
Karena itu secara lengkap dan tuntas terbukti bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat lama sekali, dan kepercayaan terhadap kelangsungan hidupnya adalah bertentangan dengan ajaran Qur’an yang terang benderang.

Bukti dari Hadits

Telah kami tunjukan bukti-bukti dari ayat Al-Qur’an ayng menyatakan bahwa Nabi Isa a.s. tidak hidup di langit melainkan beliau telah wafat di zamannya sebagaimana para nabi lainnya yang juga telah wafat. Oleh karena itu seharusnya tidak ada lagi keraguan sedikitpun di benak para orang bijak dan para pecinta kebenaran tentang masalah ini. Namun untuk lebih memuaskan para pencari kebenaran, kami akan menghadirkan beberapa hadits dari Nabi saw., orang yang menerima wahyu Al-Qur,an, dan sebagai orang yang paling benar dalam penafsiran Qur’an, untuk masalah ini seharusnya setiap dan segenap Umat Muslim tunduk sepenuhnya terhadap penafsiran dan keputusan Nabi saw.

Hadits Pertama: arti dari Tawaffa.

“Diriwayatkan oleh Ibn Abbas bahwa Nabi saw. Bersabda dalam suatu khotbahnya: Wahai saudara-ssaudara sekalian! Kalian akan dikumpulkan oleh Tuhanmu (pada hari kiamat)…. Dan beberapa orang dari umatku akan diambil dan dilemparkan ke neraka. Aku akan berkata ‘Oh Tuhan, tapi mereka adalah dari umatku’ Akan dijawab:’ Engkau tak tahu apa yang mereka lakukan setelah kepergianmu”. Lalu aku akan berkata sebagaimana perkataan hamba Allah yang tulus (yakni Nabi Isa a.s. ): “Aku akan menjadi saksi atas mereka selama aku berada di tengah-tengah mereka, tetapi setelah Engkau mematikan aku (tawaffaitani). Engkaulah yang mengawasi mereka”….. (Bukhari, Kitab al-Tafsir, dibawah Surat Al-Maidah) kalimat terakhir dari sabda Nabi saw. (‘aku menjadi saksi atas mereka…) diambil dari ayat Qur’an yang mana telah dijawab oleh Nabi Isa a.s. sebagai suatu sangkalan pada hari kiamat. Adalah disetujui oleh seluruh umat Muslim, ketika kalimat ini digunakan oleh Nabi saw. Pada hadits di atas, arti dari tawaffaitani adalah ‘engkau mematikan aku’ jadi jelaslah kalimat tersebut mempunyai arti yang sama ketika digunakan oleh Nabi Isa a.s. yakni ketika Nabi Isa a.s. diambil dari umatnya oleh kematiannya bukan diangkat hidup-hidup ke langit.

Hadits kedua: Semua Nabi pasti mati.

Pada saat menjelang ajalnya, Nabi saw.. masuk ke mesjid dengan dibantu oleh dua orang untuk mengatakan hal ini:
“Wahai saudara-saudara sekalian!. Aku mendengar bahwa kalian takut akan kematian Nabimu. Apakah para Nabi sebelumku itu ada yang mampu mempertahankan hidupnya sehingga aku masih punya harapan untuk bersamamu lagi?. Dengarlah! Sebentar lagi aku akan menemui Tuhanku, begitu juga dengan kalian. Jadi aku meminta pada kelian untuk memperlakukan kaum muhajir dengan baik” (Al-anwar ul-Muhammadiyya min al-Muwahib lil-dinnyya, Egypt, hal 317)
hadits ini diakhirai dengan mengutip tiga ayat Qur’an: “Muhammad itu tiada lain hanyalah utusan; sebelum dia, telah berlalu banyak utusan” (3:143)
“dan tiada kami menciptakan manusia sebelum engkau itu kekal” (21:34); dan Dan Kami tak membuat mereka (para Nabi) tubuh yang tak makan-makanan, dan tak pula mereka kekal” (21:8). Bila seandainya ada beberapa nabi yang masih hidup, pastilah Nabi SAW. tak dapat berkata seperti hadits di atas. Jadi jelaslah bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat pada waktu itu.

Hadits Ketiga: Wafat sebelum Usia 100 tahun

1. “Tak ada seorangpun yang hidup hingga kini melainkan akan wafat sebelum seratus tahun berlalu” (Muslim. Kunz al-ummal, vol.7.170)
2. “Nabi saw. Bersabda: ‘Allah mengirimkan angin setiap seratus tahun untuk mengambil tiap-tiap jiwa orang Mu’min” (Mustadrak, vol.4, p. 475)
hadits-hadits tersebut menunjukan bahwa setiap orang yang masih hidup di masa Nabi SAW akan wafat sebelum seratus tahun berlalu, bila Nabi Isa a.s. masih hidup ( di langit sebagaimana yang dikira orang) dia pasti telah wafat dalam periode tersebut.

Hadits keempat: Nabi Isa a.s. berusia 120 tahun

Aishah a.s. berkata bahwa, pada saat menjelang kematiannya, Nabi saw Bersabda :’ setiap tahun Jibril biasanya mengulangi pembacaan Qur’an denganku sekali, namun pada tahun ini dia melakukan hal tersebut dua kali, dia memberitahukan padaku bahwa tak ada nabi melainkan hidup selama separuh dari usia nabi yang terdahulunya. Dan dia juga berkata padaku bahwa Nabi Isa a.s. hidup selama seratus dua puluh, dan aku menyadari bahwa aku akan meninggalkan dunia ini diawal usia enam puluhan” (Hajaj at-Kiramah, p. 428: Kanz al-Ummal, vol. 6, p. 160, dari Hadrat Fatima; dan Mawahib al-Ladinya, vol. 1, p.42). Tabrani berkata tentang hadits ini: Hadits nya sangatlah dapat di percaya , dan dirawikan dengan beberapa versi:. Hadits tersebut tak ada keraguannya sedikitpun yang bukan hanya mengumumkan kematiannya Nabi Isa a.s. malainkan menyatakan usianya yakni 120 tahun. Dan diriwayatkan paling tidak melalui tiga jalur: Dari Aishah, ibn Umar dan Fatima. Karena itu Hadits tersebut sangatlah jelas membuktikan bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat.

Hadits Kelima: Nabi Isa a.s. telah wafat seperti Musa.

1. Nabi saw Bersabda: “seandainya Musa atau Isa masih hidup, mereka pasti mengikutiku (Al-Yawaqit wal-Jawahir, hal. 240; Fath al-Bayan, vol. 2 hal 246; tafsir Ibn Kathir, dibawah ayat 81, surat Ali-Imran)
2. “Seandainya Isa masih hidup dia pasti mengikutiku” (Shrah Fiqh Akbar, Egyptian ad., hal 99)
3. “Bila Musa dan Isa masih hidup, mereka pasti mengikutiku” (Al-Islam, dipublikasikan oleh The Fiji Muslim Youth Organization, vol.4 oct 1974)
Hadits-hadits tersebut di atas jelas menunjukan bahwa baik Musa maupun Isa dianggap telah wafat Oleh Nabi saw.

Hadits Keenam: Makam Nabi Isa a.s.

Nabi saw Bersabda:” semoga Allah melaknat Yahudi dan Kristiani yang membuat kuburan nabi-nabi mereka sebagai tempat-tempat ibadah”. (Bukhari, Kitab as-Salat, hal 296).
Nabi saw. Bersabda seperti demikian di atas dikarenakan beliau sangat khawatir bahwa umat Muslim yang seharusnya terhindar dari kesalahan dengan membuat makam dari nabi mereka menjadi tempat ibadah seperti yang telah dilakukan oleh Yahudi dan Kristiani terhadap makam nabi-nabi mereka. Yahudi mempunyai banyak nabi namun nabi yang sangat dikenal oleh umat Kristiani hanyalah satu – Nabi Isa a.s. .hadits ini menunjukan keyakinan Nabi saw. terhadap makamnya Nabi Isa a.s. dan sebenarnya tempat inilah (makam tersebut ) dimana Nabi Isa a.s. bersembunyi setelah diturunkan dari salib ( hingga beliau sembuh dari luka-lukanya), yang mana umat Kristiani memujanya dengan berlebih-lebihan. Jelaslah menurut hadits ini, Nabi Isa a.s. tidak diangkat ke langit.

Hadits ketujuh: Nabi Isa a.s. dalam jamaah orang yang telah wafat.

Dalam berbagai hadits tentang Mi’rajnya Nabi saw. Diriwayatkan:
i. “Adam di langit pertama…Yusuf di langit kedua, dan sepupunya Yahya (sipembaptis) dan Isa sendiri dilangit ketiga, dan Idris dilangit keempat” (Kanz al-Ummal. Vol.VI, hal. 120)
Nabi saw. melihat Nabi Yahya a.s. dan Nabi Isa a.s. berada ditempat yang sama; dan sebagaimana setiap para nabi yang terdahulu terlihat dalam Mi’raj telah wafat, maka pasti Nabi Isa a.s. pun telah wafat.
ii. Hadits di atas dikuatkan dengan hadits lainnya yang mengatakan bahwa dalam Mi’rajnya, Nabi saw. menjumpai ruh para nabi (tafsir ibn Kathir, Urdu ed. Diterbitkan di Karachi. Vol III. Hal. 28).

Hadits kedelapan: “Turunnya” Nabi Isa a.s. di malam Mi’raj.

Sebuah hadits tentang Mi’raj mengisahkan:
“lalu Nabi saw. turun di Yerusalem bersama-sama dengan seluruh nabi. Pada saat sembahyang beliau mengimami mereka semua dalam sembahyang” (tafsir ibn Kathir, Urdu ed, vol LII hal. 23).
Diantara “seluruh” nabi adalah termasuk Nabi Isa a.s. . Seandainya dia, berbeda dengan nabi-nabi lainnya, masih hidup dengan badan wadagnya di langit, maka “turunnya” beliau di Yerusalem pasti dengan badan wadagnya pula. Dalam hal ini, beliau harus diangkat kelangit dua kali dengan badan wadagnya pula, namun Qur’an menerangkan hanya sekali raf’ nya(“pengangkatan” yang disalah mengertikan sebagai pengangkatan secara wadag ke langit”) Nabi Isa a.s. !
Kesulitan ini tak akan timbul bila kita meyakini, sebagaimana yang telah dijelaskan dalam berbagai hadits tentang Mi’raj, bahwa Nabi Isa a.s. berada dalam keadaan yang sama (yakni wafat) dengan para nabi lainnya yang dilihat Nabi saw. dalam ru’yahnya.

Hadits Kesembilan: Diskusinya Nabi Suci saw. dengan utusan Kristen.

“ketika enam puluh orang utusan (kristen) dari Najran mendatangi, kepala pendeta mereka mendiskusikan dengan beliau mengenai kedudukan Nabi Isa a.s. dan menanyakan kepada beliau prihal ayahnya Nabi Isa a.s. Nabi saw. bersabda: ‘tidakkah engkau tahu bahwa seorang anak menyerupai ayahnya? Mereka menjawab ‘benar’. Sabdanya lagi:
A lastum ta’ lamuna anna rabbana layatu wa anna ‘Tsa ata’alaihi-fana’ (Tidakkah engkau mengetahuinya bahwa Tuhan kita kekal sedangkan Isa binasa) (Asbab an-nuzul oleh Imam Abu-alhasan Ali bin Ahmad al-wahide dari Neshapur, di terbitkan di Mesir, hal 53).
Betapa jelasnya pernyataan tersebut bahwa Nabi Isa a.s. telah wafat dan tak lebih dari apa yang disabdakan oleh Nabi saw. tersebut.

11 komentar:

  1. maryam, isa dan yusuf nazar, dlm banyak literatur sejarah di ceritakan adalah berasal dari golongan bani israil, sementara (selain sebagian kecil yg mau ber-Iman), gambaran karakterisrik sebagian besar suku bani israil menurut AQ di penuhi kedengkian terhadap ajaran Allah, termasuk juga terhadap para pembawa risalah-NYA dan pendukung ajaranNya, dan karakter ini di wariskan secara turun temurun hingga sekarang, QS. Al-Baqarah: 96, An-Nisa': 157, QS. Al-Ma'idah: 64, QS. Al-Ma'idah: 70, Al-Ma'idah: 78-79,

    ketika risalah ajaran Allah ini di turunkan kepada Maryam, yg kemudian di ajarkan kembali kepada Isa anaknya (ali imran: 42-45), Yusuf Nazar suami Maryam adalah salah satu golongan bani Israil yg bersikap negatif atau kufur terhadap datang-nya risalah tersebut,oleh karena itu kenapa nabi isa selalu di hubungkan dengan maryam, atau biasa di sebut dgn sebutan 'isa Ibnu maryam', karena tidak mungkin di hubungkan dgn garis bapak-nya, gak mungkin kan di sebut isa bin Yusuf Nazar al kufur?

    Allah memang tidak pernah bikin dongeng, yang membikin ajaran Allah menjadi dongeng adalah distorsi pada perspektif atau sudut memandang manusia dalam menafsirkan ayat-ayatnya sehingga menjadi dongeng,

    bahasa tamtsil atau bahasa perumpamaan secara umum itu terbagi dua, bahasa perumpamaan biasa, yakni bahasa perumpamaan yg menggunakan adawatut tasybih (berbagai huruf dan kata sebagai alat perumpamaan) seperti "kaf", "matsalun", "kamatsalun", dll, yg memang nampak secara lahiriah, salah satu contohnya : ya... 14 : 24-26 yg anda tulis di atas itu, lalu bahasa perumpamaan luar biasa, atau dalam kaidah balaghah sering di sebut sebagai "tasybih balligh", salah satu contohnya, ya... ayat tentang mukjizat nabi di atas, yg tidak menggunakan "adwatut tasybih"

    sementara, bila yg di maksud sebagai "fakta objektif" itu adalah sesuatu yg terdapat di dalam referensi buku-buku atau terdapat di berbagai literatur, pandangan dan ukuran anda tentang "fakta objektif" terlalu bias,

    dalam konteks fungsi AQ sebagai pedoman hidup, yakni sebuah ilmu yg berisi rangkaian keterangan dari Allah yg mengambarkan semesta kenyataan alam yang terdiri dari Organis, Biologis, Gaya, juga peredaran kebudayaan dan peradaban di sepanjang sejarah kehidupan yg tergantung kepada Allah" (arrahman : 1-14)

    maka, yg di maksud "fakta objektif" di sini adalah "gagasan", "konsep", "ide" yang relevan dan "menyentuh realitas hidup", secara kongkrit, bukan sebuah realitas yg masih ada di dalam atau dari referensi buku-buku atau berbagai literatur,

    sebab, bila ukuran kebenaran itu di ukur berdasar data referensi buku, itu akan sangat relatif sekali,
    banyak metode, sistematik, analitik, dan objektifitas dari tulisan di berbagai buku-buku dan literatur yg mendapat influence, ter-interpolasi, ter-distorsi, bahkan ter-manipulasi oleh berbagai faktor-faktor subjektifisme, seperti kepentingan golongan, politik, propaganda, hoax, dongeng cerita israiliyyat,
    benar menurut buku dan literatur syi'ah, belum tentu bener menurut menurut buku dan literatur salafi, atau Sunni, benar menurut buku dan literatur wahabi, belum tentu benar menurut buku dan literatur Sunni,benar menurut buku dan literatur NU, belum tentu benar menurut buku dan literatur Muhammadiyyah, LDII, NII, HTI, JT, dsb...

    BalasHapus
  2. Penulis ini menulis dg bukti dan dalil yg kurang lengkap sehingga sangat yakin seolah2 analisanya paling benar berdasarkan dalil dalilnya.
    Kesalahan penulis disini adalah tidak menuliskan "Wallaahu 'alam" seolah2 dia tahu benar kejadian yg sesungguhnya..

    Apakah penulis belum membaca riwayat nabi Idris as.?
    Dimana Nabi Idris meminta utk dimatikan, kemudian atas permohinan malaikat maut kpd Allah, Nabi Idris dihidupkan kembali.
    Setelah itu Idris as. minta ditunjukkan Jahannam, dan minta ditunjukkan surga.
    Dan stlh di surga Nabi Idris enggan kembali ke bumi, dg alasan dia (Idris) sudah pernah mati, sudah dihidupkan kembali, sudah mengunjungi neraka dan sudah merasakan surga, dan Allah meridhoinya sehingga Idris as. tetap tinggal di surga dg badan wadagnya.

    Apakah penulis sudah membaca itu?
    Bukankah itu terjadi atas kehendak Allah yg sulit dinalar manusia biasa?

    Apakah penulis lupa ato sengaja kufur thd firnan Allah yg mana mengubah rupa pengikut Isa as. yg berkhianat (Yehuza/Yudaz) sehingga menyerupai rupa Nabi Isa, sehingga Yehuza lah yg sesunghuhnya tergantung di tiang salib, sedangkan Nabi Isa as. diangkat oleh Allah ke langit?
    Apakah penulis lalai atau kufur thd ayat itu?

    Siapakah Anda, wahai penulis..?

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum wr.wb,

    Penulis telah berusaha untuk menjelaskan riwayat nabi isa a.s dengan sebaik-baiknya.

    Saya hanya mengambil satu pokok tulisan beliau yg penting yaitu bahwa nabi isa a.s tidak akan turun lagi ke bumi ini untuk ke dua kalinya seperti yg ditunggu oleh beberapa kalangan muslim dan kristen.

    Ada dua (2) ayat dari alquran yg menunjukkan kedudukan nabi isa a.s di hari kiamat.

    1.Alquran surat an nahl ayat 84.

    Dan (ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan dari tiap-tiap umat seorang saksi (rasul), kemudian tidak diizinkan kepada orang-orang yang kafir (untuk membela diri) dan tidak (pula) mereka dibolehkan meminta ma`af.

    dan alquran surat an nahl ayat 89.

    (Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami, bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur’an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.

    Dengan kedua ayat diatas sangat jelas sekali kedudukan nabi isa a.s di hari berbangkit (kiamat) bahwa beliau hanya sebagai saksi untuk umatnya sendiri dan tidak ada campur tangan terhadap umat nabi muhammad s.a.w keseluruhannya dan nabi isa a.s hanya dibangkitkan pada hari kiamat saja, tidak pada akhir zaman seperti yg diperkirakan sebagian umat islam dan kristen.
    Dengan ayat ini menunjukkan bahwa nabi isa a.s telah wafat dan hanya dibangkitkan di hari kiamat seperti halnya nabi muhammad s.a.w.

    Apakah nabi isa a.s musti diturunkan ke bumi agar menghadapi kematiannya dan dikuburkan di bumi ini agar dapat dibangkitkan di hari kiamat?
    kita jangan egois lah.

    Allah tidak pernah menjanjikan bahwa manusia akan dibangkitan dari kubur dengan tulang belulang.


    wassalamualaikum wr.wb,

    ustad sayyid



    BalasHapus
  4. Bahwa surat dan ayat diatas (An-Nahl : 84 & 89) sama sekali tidak menyebutkan ttg Isa as. tetapi manusia - bukan secara khusus tentang nabi Isa as.

    Adapun ttg nabi Isa as. telah secara khusus Allah tegaskan dlm ayatnya,

    “Dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ” (QS. An Nisa’: 157-159)

    Dan sebagaimana sabda Rasulullah SAW,
    “Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, Nyaris akan turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as) menjadi hakim yang adil, menghancurkan salib dan membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta… (HR Muslim)

    Adapun halnya dg hadist Rasulullah SAW, "Allah mengirimkan angin setiap seratus tahun untuk mengambil tiap-tiap jiwa orang Mu’min" itu berlaku bagi manusia yg tinggal di bumi, terkecuali yg telah dikhususkan oleh Allah spt Nabi Dzulkarnaen dan Nabi Khidir. Sedangkan Nabi Idris as. dan Nabi Isa as. yg telah dikehendaki oleh Allah, maka hukum fisika di bumi tidak berlaku bagi mereka berdua.

    Saya rasa dua dalil diatas, QS, An-Nisa : 157-159 dan hadis Rasulullah SAW sudahlah cukup mutlak karena ditujukan khusus kepada Nabi Isa as., bukan manusia pada umumnya

    Wallaahua'lam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr.wb,

      Bahwa surat dan ayat diatas (An-Nahl : 84 & 89) sama sekali tidak menyebutkan ttg Isa as. tetapi manusia - bukan secara khusus tentang nabi Isa as.

      Emangnya nama nabi isa musti ada tertera pada ayat itu?
      bukankah sudah tertera pada kedua ayat itu:para saksi(setiap rasul) emangnya isa bukan rasul.
      jangan ngawurlah anda.

      Ayat yg anda berikan diatas ini :

      “Dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ” (QS. An Nisa’: 157-159)

      Dalam ayat ini, Allah tidak pernah menyinggung bahwa Allah telah mengangkat isa ke langit.Sebenarnya arti ayat ini bahwa Allah telah menyelamatkan isa dari pembunuhan di tiang salib.

      Da mengenai hadis ini :

      “Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, Nyaris akan turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as) menjadi hakim yang adil, menghancurkan salib dan membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta… (HR Muslim)

      -sejak kapan rasulAllah bersumpah? bukan setiap katanya pasti benar?

      -sejak kapan rasulAllah menghina Allah dengan mengatakan bahwa manusa isa itu adalah hakim yg adil?

      -menghancurkan salib? kan sudah jelas mana yg bengkok dan lurus itu?

      -membunuh babi? emangnya babi salah apa?
      dan seterusnya.

      Apakah akhlak rasulAllah seperti yg tertera pada hadis ini?

      hadis ini adalah konspirasi yahudi /nasrani untuk menghina rasulallah.

      wassalamualaikum wr.wb,

      ustad sayyid









      Hapus
  5. Dari kacamata saya, penulis seperti berusaha generalisasi dalil dalil ttg manusia pada umumnya supaya berlaku juga (dijadikan dalil tentang keberadaan) pada Nabi Isa as.

    Hal ini tidak bisa dibenarkan, seperti halnya sunnatulloh yg pada umumnya lazim terjadi bahwa jasad manusia yg mati akan kembali kepada tanah (membusuk) namun tidak berlaku bagi mereka yang gugur sebagai syuhada dan Fir'aun. Atas kehendak Allah SWT, jasad mereka tidaklah membusuk dimakan tanah.

    Perlu digarisbawahi, tidak membusuknya jasad para syuhada dan secara khusus Fir'aun, itu terjadi atas kehendak Allah, dimana hukum fisika kimia maupun biologi tidak berlaku bagi jasad mereka. Demikian pula halnya dengan Nabi Idris as, Nabi Isa as., Nabi Khidir as., Nabi Dzulkarnaen as., dan orang orang yg Allah kehendaki atas diri mereka yg ditangguhkan kematiannya.



    Satu hal lagi tentang Dajjal al-masih, orang yg ditangguhkan kematiannya oleh Allah hingga tiba waktunya dia dibunuh oleh Nabi Isa as.
    Dajjal si pembuat patung sapi dari emas pada jaman Nabi Musa as., yang penuaan pada tubuhnya berhenti pada usia 33 tahun, pemuda yang berusia lanjut atau kakek yang bertubuh muda (baca kisah-kisah Dajjal karangan Muhammad Isa Dawud).

    Semua itu terjadi karena kehendak Allah yang tidak bisa disamaratakan dengan manusia pada umumnya dimana hukum fisika di bumi berlaku.

    Dari ulasan ulasan ini saya rasa sudah cukup jelas bahwa menurut kacamata saya, penulis menuliskan sesuatu yang MUBADZIR, sia-sia saja membahas tentang itu bila masih tetap mengabaikan beberapa hal yang telah dikhususkan oleh Allah SWT.

    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. zam zam ini memang ngeyel atau tolol ya...dia pikir dr pembuktian penulis dari hadis hadis yg begitu banyak dan ayat alquran yg menjelaskan ttg wafatnya nabi isa...sementara ente hanya membuktikan dr 1 ayat yg maknanya perlu di studi(surat Muzammil (perintah rattil)) dan membuktikan haddist dr bukhari muslim sedangkan makna nya perlu di luruskan seolah2 Rassullah bersumpah "demi jiwaku di tangannya dan seolah2 rasulullah mengajari Allah dgn mengatakan bahwa " manusia isa itu hakim yg adil".. apa ente pikir yg mengulas tanpa ayat yg maknanya benar2 objectif dan apa ente pikir surat Ali Imran 3:55 @Wahai isa, Aku akan mematikan engkau dan akan meninggikan engkau di hadapanKU...dst, ente pikir Allah berbohong, kalau ente mau ikut ngulas...jgn menurut kacamata ente.....dan karena kalau menurut kaca mata ente itu bisa dongengan dr hikayat sigumarapus..termasuk cerita nabi khidir..tunjukkan dan jelaskan secara objectif ayat2 nya...coba baca lg tulisan si penulis ini...dan pembuktian ayat2 nya...sedangkan ente menyampaikan hadis aja ...hadis yg tak jelas atau sebenarnya ente sebenarnya kristen tolol hanya saja pakai nama zam zam ...biar seolah2 koment dr muslim....

      Hapus
  6. Kenapa kuasa Nabi Isa ada kemiripan dengan Allah:
    1. Dapat melakukan Penciptaaan dan memiliki Nafas Kehidupan
    Qs. 3:49:
    Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.
    2. Mengetahui semuanya tentang kejadian di Hari Kiamat
    “Sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu . . . . “ (Qs 43:61)
    3. Mengetahui rahasia Allah
    Allah merahasiakan datangnya hari kiamat (Qs 20:15). Qs 31:34 berbunyi,“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat”
    4. Menjadi Hakim yang Adil ( tidak ada yang bisa adil selain Allah)
    Seperti Hadist Bukhari 1090, “Sungguh-sungguh akan datang kepada kamu Isa, Putera Maryam sebagai Hakim Yang Adil”.  Hadist Muslim II halaman 76, “Demi Allah, sesungguhnya akan turun (datang) putra Maryam selaku Hakim yang adil”. Dan Hadits dari Musnad Imam Ahmad ibn Hanbal Jilid II/411, “Daripadamu akan bertemu dengan Isa ibnu Maryam sebagai imam Mahdi dan hakim yang adil”.
    5. Meminta taat kepada Nabi Isa
    QS 43:63] Dan tatkala Isa datang membawa keterangan dia berkata: “Sesungguhnya aku
    datang kepadamu dengan membawa hikmat dan untuk menjelaskan kepadamu
    sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka BERTAKWALAH KEPADA ALLAH dan
    taatlah (kepada) ku
    6. Tugas Nabi Isa adalah hampir 2000 tahun lebih mempersiapkan milyaran prajurit untuk melawan dajjal pada hari Kiamat , juga menjaga kitab Injil
    “Umat Islam sepakat terhadap makna yang disebutkan dalam banyak hadis yang mutawatir, bahwa nabi Isa berada di langit, masih hidup. Dia akan turun di akhir zaman, membunuh babi, mematahkan salib, membunuh Dajjal, (al-Muharar al-Wajiz, 1:429)
    7. Hanya Nabi Isa Terhormat di Dunia dan Akhirat sejak masih dalam kandungan
    Al-Imran 3:45 “(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al-Masih ‘Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).”

    BalasHapus
  7. sdra Gavriel SS,

    Firman Allah pada alquran surat maryam ayat 33.

    Nabi isa a.s telah bersabda;
    Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali”.

    arti ayat ini inshaAllah;

    -Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepaku pada hari aku dilahirkan = dilahirkan dalam keadaan aman dan selamat sehingga dewasa.

    -Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku pada hari aku meninggal = meninggal aman dan selamat (tidak dibunuh atau disalib dll yg mengakibatkan terbunuh).

    -Dan kesejahteran semoga dilimpahkan kepadaku pada hari aku dibangkitkan hidup kembali =
    dibangkitan hidup kembali secara aman dan selamat karena tidak mendapat pengadilan atau siksaan dengan kata lain langsung masuk surga seperti para nabi dan rasul yg lain. kebangkitan adalah kiamat bukan akhir zaman.

    sabda nabi isa a.s ini telah dibenarkan oleh Allah dengan firmanNYA surat maryam ayat 34.
    Itulah Isa putera Maryam, yang mengatakan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya.

    anda adalah salah satu dari mereka yg membantah perkataan isa a.s.

    ustad sayyid

    BalasHapus
  8. nah mulai ketemu aslinya siapa ente sebenarnya...di islam itu tidak ada dongengan..beda di kristen, islam-isme dll...yg percaya saja aliran mistik (majusi) dibawah turunan dan rayuan jahudi..ajaran Allah itu tak ada dongengan kecuali mau di tafsirkan ama sigumarapus..yg berrbau nyeleneh dan mendongeng apalagi kalau sudah membawa kata mukzizat atas dasr konsep ketuhanan..pokoknya percaya saja spt kristen. padahal makna dr Isa menyembuhkan org buta adalah buta pandangannya dan menyembuhkan org mati...adalah mati akal dan mata hatinya...spt ente ente ini...dan mana yg lebih hakikinya...bahwa org tsb tidak akan kesasar terhadap ajaran Nya...

    BalasHapus
  9. Orang islam yg mindset nya mistis akan sulit diajak bermindset alquran sbg ilmu

    BalasHapus